BUILDING BOAT - Panduan Membuat Sendiri Kapal, boat, perahu layar, Kayak, Jung dan Kano dan aneka macam perahu lainnya dari bahan kayu maupun fiberglass
BUILDING BOAT
Panduan Membuat Sendiri Kapal, boat, perahu layar, Kayak, Jung dan Kano dan aneka macam perahu lainnya dari bahan kayu maupun fiberglass
Banyak jenis perahu,  secara umum dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih besar dan boat  yang lebih kecil. Kapal dapat membawa perahu tetapi perahu tidak dapat   membawa kapal. Ukuran sebenarnya dimana sebuah perahu disebut kapal   selalu ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan   setempat.
Sejarah kapal sejalan dengan sejarah petualangan  manusia. Eksplorasi  kekayaan alam, mencari penghidupan yang lebih baik,  melarikan diri  tanah tanah kelahiran yang penuh peperangan atau bencana  merupakan  salah awal penyebaran umat manusia melalui jalur laut  menggunakan  kapal. Bahkan Nenek moyang bangsa Indonesiapun seorang  pelaut yang  berasal dari Yunnan, Indocina.
Perahu  yang dikenal pertama kali dikenal pada masa Neolitikum,  sekitar 10.000  tahun yang lalu. Kapal-kapal awal ini memiliki fungsi  yang terbatas:  mereka dapat bergerak di atas air, tapi hanya itu.  Terutama digunakan  untuk berburu dan memancing. Kano tertua yang  ditemukan arkeolog sering  dibuat dari batang pohon coniferous,  menggunakan peralatan batu  sederhana.
Pada Paket BUILDING BOAT kali ini berisi panduan   membuat aneka macam kapal dari bahan kayu maupun fiberglass. Banyak   macam jenis yang dibuat yakni perahu layar, jung (perahu layar china),   kayak (perahu dayung bangsa eskimo), kano (perahu dayung yang biasa   digunakan bangsa Indian) hingga boat.
Banyak foto, ilustrasi gambar yang memudahkan untuk memahami cara pembuatannya.
Ebook Tutorial :
- 23 Boats You Can Build
 - Boat Interior Construction (Konstruksi interior kapal)
 - Boat Building - How to design a boat (Panduan merancang kapal)
 - The Complete Idiots Guide to Canoeing and kayak (Panduan tentang Kayak dan kano)
 - Ancient Egyptian Boats (Kapal kuno bangsa mesir)
 - Building Strip Planked Boats
 - Building Outrigger Sailing Canoes (Membuat perahu layar)
 - Canoe and Boat Building - A Complete Manual For Amateurs
 - Canoe and Kayak Building
 - Fiberglass Boat Repairs Illustrated (Panduan memperbaiki kapal dari fiberglass)
 - Marine Auxiliary Machinery
 - Practical Boat Mechanics
 - Ship Building - How To Build A Wooden Boat (Cara membuat kapal dari kayu)
 - The Chinese Sailing Rig (Membuat jung / kapal layar China)
 - The Complete Guide to Trailering Your Boat.
 - The Complete Idiot's Guide to Boating and Sailing
 - This Old Boat
 
Gambar : minyak resin 

Kapal yang terbuat dari Fiberglass merupakan type kapal cepat , digunakan sebagai kapal Patroli, kapal pribadi, atau kapal untuk transportasi laut atau sungai, karena bobot yang ringan dan cukup kuat, sehingga kerja dari motor/mesin penggerak baling baling pendorong/kipas bekerja secara maksimal,mesin kapal fiberglas menggunakan mesin diesel yang diinstalasi didalam lambung kapal .atau mesin bensin tempel.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         penjelasan fiberglass: 
Secara theory, fiberglass itu kalo di bahasa ilmiahnya jarang ditemui,  yang dimaskud fiber/serat adalah penguatnya  saja, yang termasuk dalam hal ini juga carbon fiber, atau aramid, Jadi  barang jadinya namanya glass fiber reinforment plastic (GFRP), atau  CFRP. Dan itu memang yang di gunakan sebagai bodi atau frame pada sebuah  kapal atau bisa juga untuk kendaraan,alat - alat rumah tangga seperti  tangki air dan sebagainya.
Jadi yang liquid itu plastiknya (matrik), ratusan jenisnya, cuman yang biasa dipakai adalah Epoxy resin, biasanya orang menyebutnya resin saja. Resin ini belum berupa polymer jadi harus dijadikan polymer biasanya dicampur apa yang disebut sebagai katalis/hardener (keduanya terjual terpisah). Hardener ini yang akan membantu resin menjadi polimer dan menjadi keras. untuk memperkuatnya ditambahkan fiber( woven roving/mat) didalam adonan resin +hardener = jadilah apa yang bisanya disebur fiberglass meskipun lebih tepatnya GFRP tadi.
karena mengandalkan reaksi saja maka tidak memerlukan material yang aneh (tahan temperature) saat mencetak, makanya cetakannnya (mold) bisa apa ajah pada dasarnya bisa juga kayu atau plat, tapi klo untuk cetakan membikin kapal sebaiknya digunakan dari kayu dengan teriplex disamping pleksible bahannya murah serta mudah didapat.
Bahan - Bahan :
1. Minyak Resin( epoxy resin ) : minyak resin bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi dan residu tumbuhan
2. Katalis (catalis) : cairan kimia untuk campuran minyak resin supaya terjadi pengerasan secara kimia atau sering juga di sebut hardener
Gambar : Katalis/Hardener 

3. Talk (tepung khusus) : talk diguna untuk membuat lemfiber(jackcoat) serta untuk membuat campuran cat plincoat
4. Mat/mesh (serat halus) : terbuat dari bahan polyester,berguna sebagi media lapisan permukaan sebuah plat fiber
Gambar : Mat




5.Roving (serat kasar) : terbuat dari bahan polyester/epoxy,digunakan sebagi media
l apisan tengah dari plat fiberglass. 
6.  Kayu dan Triplek glossi : digunakan untuk membuat mold (wadah cetakan)  bentuknya dibuat sebesar gambar/design permukaan luar dari lambung kapal.
7. Cat Plincoat : digunakan untuk mewarnai sekaligus menghaluskan permukaan lambung kapal.
7. Cat Plincoat : digunakan untuk mewarnai sekaligus menghaluskan permukaan lambung kapal.
gambar : Woven Roving
8.  Bahan-Bahan pelengkap lainnya : seperti mesin penggerak kipas,dinamo  listik,alat nafigasi,alat komunikasi dan lain-lain sesuai kebutuhan.
Alat-alat yang digunakan :
1. Kuas Roll/dan Kuas Biasa
2. Mesin Gerinda
3. Mesin Mixer
4. Mesin Bor dan Ampelas
5. Perkakas kayu
Langkah- Langkah Pengerjaan Pembuatan Kapal dari Fiber:
1.  Pertama kita buat dahulu mold (wadah cetak) sebuah lambung kapal  (sebaiknya dibuat di lokasi dekat laut/sungai besar) dengan kayu dan  teriplek seperti gambar no 1 (mold/cetakan) 
Gambar Proses pembuatan mold/ cetakan




2.  Setelah mold (cetakan) selesai , terlebih dahulu permukaan dalam dari  mold (cetakan) dilumasi dahulu dengan polish untuk memudahkan pembukaan  mold setelah proses pembuatan kapal selesai , lalu cat dengan cat  plincoat sebagai proses pewarnaan lambung kapal ( warna cat disesuaikan  dengan keinginan), cat plincoat dihasilkan dari campuran talk, cat  acrilic serta minyak resin (dalam proses ini penggunaan katalis di  campur pada adonan cat plincoat pada saat digunakan saja / saat proses  pengejaan saja).
  setelah cat plincoat pada cetakan kering dan telah dihaluskan dengan  amplas disc dengan menggunakan gerinda, proses pembuatan lambung kapal  pun siap dimulai,lapisan pertama dengan balutan mat/mesh (serat halus)  dan yg kedua dengan roving (serat kasar) serta balutan terakhir dengan  mat lagi,semua lapisan balutan serat itu dilumuri/dicor dengan minyak  resin yang telah dicampur katalis dengan menggunakan kuas roll, takara  campuran minyak resin+katalis tergantung lamanya proses pengeringan yang  hendak diinginkan,contoh: 5 liter minyak resin dilaruti oleh 5 cc  cairan katalis memerlukan waktu pengeringan 3-5 menit(dengan asumis  cuaca cerah), ketebalan lambung kapal tergantung dari besar dan kecilnya  ukuran kapal yang dibuat ,semakin besar sebuah kapal harus semakin  tebal pula lambung kapalnya,spesifikasinya lapisan lambung kapal adalah  sbb : mat-roving-mat, proses pembuatan lambung kapal dikerjakan secara  kontinyu harus sekaligus jadi jangan di sambung kecuali untuk proses  penebalannya.
3.Setelah  proses tahap no 2 selasai lambung kapal diberi tulang tulang fiber  untuk memberi kekuatan pada lambung kapal, selanjutnya kepada tahap  pembuatan ruangan-ruangan pada kapal sesuai dengan design gambar yang  dibuat dengan pembuatan kembali mold atau bisa juga dengan langsung  dibuat dengan plat fiber, pembuatan plat fiber maupun tulang fiber sama  dengan proses pembuatan lambung kapal tetapi mold (cetakan) sebuah flat  fiber bentuknya seperti sebuah lantai dan mold dari tulang fiber  bentuknya seperti tiang kayu.


4.  Ruangan yang perlu dibuat didalam lambung kapal adalah tangki bahan  bakar,ruangan mesin (kalau menggunakan mesin dalam) instalasi kemudi  (haluan) lainya, untuk tangki air bersih sebaiknya dibuat diatas atap  kapal.

5. Aksesoris tambahan lainnya bisa dibuat diluar badan kapal dengan cetakanya seperti membuat pintu,tangga,teralis,bingkai jendela dan lain-lain. contoh dibawah adalah proses pengembuatan pintu kapal
a. Mold / cetakan  yang permukaannya sudah diberi polish ( pelicin

b.mold/cetakan di kasih cat plincoat



c.   seluruh permukaan cetakan dibalut dengan mat+woven dan di cat  (dicor)dengan resin yang sudah di campur katalis/hardener menggunakan  kuas roll/biasa.

d. proses penyiraman  adonan minyak resin telah selesai dan tunggu sampai kering. 

e. pintu fibergalss sudah di lepas dari cetakannya dan bagain dalam dan pinggirnya siap dihaluskan dengan gerinda.

f. pintu fiberglass sudah selesai dihaluskan dengan gerinda.

g. pintu berbahan fiberglass sudah selesai di buat dan siap dipasang

6.  Proses terakhir yaitu finishing body kapal (pendempulan dan pengecatan)  serta memasang mesin ( untuk mesin penggerak yang di instalasi didalam  lambung kapal harus disertai dengan pemasangan blower atau kipas  pendingin) , dan kasesoris lainya.
a. gambar mesin tempel

b. gambar mesin dalam ( diinstalasi di dalam lambung kapal)

Kenapa harus susah Kalau ada yg lebih mudah, 'Bisnis online' simpel,sederhana,10 juta rutin/perbulan KLIK DISINI Atau DI SINI

Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Ada pendapat lain dari sobat, Silahkan berkomentar